blog stats

Kepribadian Anti Sosial : Penyebab, Ciri, dan Pengobatan

kepribadian anti sosial, sikap anti sosial, ciri oarng anti sosial, penyebab anti sosial

 

kepribadian anti sosial,- Kepribadian setiap orang pasti berbeda-beda, tetapi karena hal itulah yang membuat kehidupan didunia menjadi menarik. Bayangkan saja jika hampir setiap manusia didunia memiliki kepribadian yang sama, pasti hidup jadi tidak berasa dan sangat monoton sekali. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas salah satu kepribadian manusia, yaitu kepribadian anti sosial.

Pengertian kepribadian anti sosial adalah sebuah bentuk kepribadian dalam bentuk sikap dan tindakan yang tidak memperhitungkan presensi orang lain disekililingnya. Contoh perilaku anti sosial ini yaitu ada beberapa seperti introvert dan hikikomori. Orang yang memiliki sikap anti sosial ini biasanya lebih suka sendirian dibandingkan dengan berkumpul pada orang banyak. Itulah mengapa dalam ilmu psikologi, anti sosial diartikan sebagai sikap yang keluar dari nilai dan norma masyarakat pada umumnya.

Penyebab Kepribadian Anti Sosial

Kepribadian seseorang pastilah terbentuk dari kombinasi dari emosi, pikiran, dan perilaku pada masa lalu. Itulah mengapa kepribadian setiap orang selalu berbeda, karena tidak mungkin suatu pikiran dan pengalaman setiap orang sama. Hal ini juga berlaku pada kepribadian anti sosial, berikut ini adalah beberapa penyebab yang membentuk sikap anti sosial pada seseorang.

  • Kegagalan Keluarga dalam Pendidikan Informal

Penyebab utama sikap kepribadian anti sosial pada seseorang adalah karena gagalnya peran keluarga pada pendidikan informal. Masa anak-anak adalah masa yang paling penting dalam pertumbuhan manusia, itulah mengapa pada masa kecil kita terbiasa untuk di didik mengenai sikap dan perilaku yang baik oleh orang tua.

  • Kegagalan dalam Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Sekitar

Kehidupan sosial bermasyarakat selalu berkembang dengan zaman, biasanya orang yang tak bisa menyesuaikan dirinya dengan perkembangan sosial masayarakat tersebut akan cenderung memiliki sikap anti sosial.

  • Pelampiasan Akibat Kenyataan yang tak Sesuai dengan Harapan

Kehidupan seperti roda yang terus berputar, kadang ada diatas, kadang juga ada dibawah. Tidak selamanya kenyataan akan sesuai dengan harapan kita, ada kalanya akan menyimpang. Bagi orang yang bermental lemah biasanya akan melapiaskannya dengan sikap anti sosial.

Ciri-ciri Kepribadian Anti sosial

Berikut ini adalah ciri-ciri dari orang yang mempunyai sikap anti sosial, yaitu.

- Mempunyai Ego yang Tinggi

Seseorang dengan sikap anti sosial biasanya akan memiliki rasa ego yang tinggi, hal ini yang membuat mereka sangat sulit untuk berubah dari sikap anti sosial tersebut. Yang ada biasanya malah mereka memaksakan agar orang lain mengerti dan memahami diri mereka tanpa mengindahkan pendapat dari orang lain.

- Jarang Berbicara

Orang yang anti sosial terbiasa untuk memikirkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan tentang orang lain, salah satu ciri yang sangat jelas dari sikap anti sosial adalah jarang berbicara. Saat mereka terpaksa berinteraksi dengan orang lain, mereka akan berbicara sedikit saja bahkan terkadang hanya menggunakan bahasa tubuh. Hal tersebut semata dilakukan untuk mengakhiri pembicaraan.

- Tidak Meminta Bantuan

Saat orang anti sosial menghadapi suatu masalah, mereka tidak akan meminta bantuan terhadap orang lain. Sebaliknya yang mereka lakukan adalah berusaha menyelasaikan masalahnya sendirian. Orang anti sosial mempunyai mindset bahwa ia mampu menyelesaikan setiap masalahnya sendiri tanpa perlu bantuan orang lain.

- Tidak Mempunyai Sikap Dominan

Setiap orang selalu ingin menjadi aktor utama dalam setiap kehidupan, entah itu di sekolah, pergaulan, maupun pekerjaan. Tetapi hal ini tidak berlaku sama sekali pada mereka yang memiliki sikap anti sosial. Mereka lebih memilih menjadi penonton dalam kehidupan ini daripada harus terlibat dalam sesuatu yang menurutnya tidak ada artinya.

- Lebih Suka Menyendiri

Ciri orang anti sosial yang terakhir dan paling ketara adalah sikapnya yang lebih suka menyendiri daripada berkumpul dengan orang lain. Mereka lebih suka menghabiskan waktunya sendirian dengan hal uang diinginkannya daripada keluar berkumpul dengan orang lain. Intinya adalah seseorang yang anti-sosial menganggap hidupnya lebih berwarna jika sendirian tanpa ada gangguan dari orang lain.

Pengobatan Kepribadian Anti Sosial

terapi anti sosialKodrat manusia adalah makhluk sosial, tidak ada manusia yang bisa hidup sendirian didunia ini, semuanya pasti harus membutuhkan bantuan dari orang lain. kepribadian anti sosial hanya akan membuat orang tersebut menjadi terpuruk dan terkucil dari kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itulah kamu memerlukan pengendalian sosial yang baik, salah satu pengobatan yang efektif dalam mengatasi sikap anti sosial adalah menggunakan terapi.

Terapi merupakan suatu bentuk penerapan teknik pengobatan, penyembuhan dan penanganan berbagai masalah oleh para ahli yang dapat membantu alam bawah sadar Anda untuk menemukan dan melepaskan akar penyebab masalah yang Anda hadapi. Saat Anda melakukan terapi, Anda akan dibawa masuk menuju kondisi trance dan melakukan visualisasi yang digunakan untuk bersantai yang akan memandu Anda untuk mengenali hal positif dan kemampuan Anda dalam diri Anda. Terapi terbaik untuk mengatasi kepribadian anti sosial adalah Terapi Bianural Beats Anti Social.

Baca Juga :

Beda Introvert dan Anti Sosial

Cara Efektif Mengatasi Phobia Sosial

Cara Meningkatkan Ketrampilan Sosial

Waspadai Trauma Pada Anak Akibat Salah Pola Asuh

Besarnya Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Cara Ampuh Mengobati Gangguan Kepribadian Narsistik

Cara Mudah Menghilangkan Sakit Hati

Tagged in : sikap anti sosial, pengertian anti sosial, tingkah laku anti sosial, gangguan hubungan sosial, bentuk bentuk sikap antisosial, maksud anti sosial, arti anti sosial