blog stats

Belajar Memaafkan dan Melupakan Kesalahan Orang Lain

belajar memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain, belajar memaafkan diri sendiri, hadits tentang memaafkan kesalahan orang lain, cara memaafkan orang yang menyakiti kita, cara memaafkan orang lain dengan tulus, cara memaafkan orang dengan ikhlas, cara memaafkan orang lain dalam islam, cara belajar memaafkan, belajar memaafkan seseorang, belajar ikhlas dan memaafkan, menyikapi orang yang menyakiti kitacara memaafkan kesalahan orang lain,- Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dimana kebaikan yang kita lakukan akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari tuhan. Salah satu kebaikan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan ramadhan ini adalah memaafkan kesalahan orang lain. Meskipun begitu, hal yang sesederhana tersebut masih sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang.

Kehidupan bermasyarakat yang dijalani memang mengharuskan kita untuk berhadapan pada banyak orang dengan karakter-karakter yang berbeda. Ada yang baik dan membuat kita senang tetapi ada juga yang buruk dan menjengkelkan hati. Tidak hanya dalam bermasyarakat, saat kita menjalin sebuah hubungan percintaan dengan pasangan, kita sendiripun pasti akan menghadapi pasang surut perasaan. Terkadang menyenangkan, ada juga pula yang menyedihkan.

Pada suatu titik dalam dua hubungan tersebut, pastilah kita akan menemui orang yang berbuat salah. Misalnya ada orang yang menjelek-jelekkan diri kita dibelakang atau ternyata pasangan yang kita anggap setia malah ternyata berselingkuh dengan orang lain. Saat seperti itu, rasanya diri seakan dikuasai amarah dan tidak akan mau berusaha memaafkan kesalahan tersebut. Meskipun terkadang ada yang mau memaafkan, tetapi dalam hatinya pasti masih ada keraguan.

Padahal perbuatan tidak memaafkan hanya akan memperburuk diri kita sendiri, apakah kalian mau setiap hari selalu dilanda kesedihan memikirkan kesalahan orang lain. Makan tidak enak, tidur tidak lelap dan bekerja pun tidak nyaman. Setiap saat selalu memikirkan kesalahn yang diperbuat orang. Kehidupan seperti itu apakah masih bisa dibilang nyaman?

Marilah kita belajar memaafkan kesalahan orang lain, dengan mampu memberi maaf yang tulus akan mendatangkan banyak sekali manfaat pada diri kita sendiri. beberapa manfaat tersebut adalah:

  • Mendamaikan Hati

Tindakan tidak mau memaafkan kesalahan orang lain hanya akan membuat diri kita dikuasai emosi negatif saja, tidak diberikan ketenangan dalam hidup. maafkanlah kesalahan orang lain dengan setulus hati agar bisa membuang emosi negatif tersebut dan mendatangkan kedamaian.

  • Memperkuat Mental

Mahatma Gandhi, filosof asal India, pernah mengatakan “orang lemah tidak akan mampu untuk memberikan maaf, hanya orang yang kuat sajalah yang mampu melakukannya”. Dengan memberikan maaf secara tulus akan membuat mental kita menjadi kuat.

  • Kesehatan Menjadi Lebih Baik

Emosi negatif yang dihasilkan dari sulit memaafkan kesalahan orang lain hanya akan membuat diri kita semakin buruk yang pada akhirnya akan berkakibat pada menurunnya kesehatan. Namun jika kita mampu menjadi pribadi yang pemaaf pastilah emosi negatif tersebut menghilang dan diganti dengan kedamaian hati yang membuat kesehatan menjadi lebih baik.

  • Membuat Kita Lebih Bahagia

Penilitian menunjukan bahwa orang yang mampu memaafkan kesalahan orang lain akan terlihat lebih bahagia dibandingkan dengan orang  yang tidak bisa memaafkan. Hal ini didukung dengan fakta yang membuktikan hal tersebut, apalagi ketika memaafkan orang yang dekat dengannya.

Setelah kalian lihat manfaat memaafkan kesalahan orang lain tersebut, marilah kita untuk mampu belajar memberikan maaf terhadap kesalahan orang lain. Memang sulit untuk dilakukan tetapi jika kita berusaha pastilah akan akan berbuah dengan hal yang manis. Jika memaafkan memang masih terasa suit untuk dilakukan, kalian bisa menggunakan bantuan dari terapi otak forgiveness.

Terapi yang sulit dipercaya ini memang memiliki keunggulan yang beragam diantaranya adalah membantu Anda menjadi seorang yang pemaaf. Memaafkan merupakan jalan utama, setelah memaafkan berhasil Anda lakukan, kesembuhan dari penyakit Anda niscaya juga akan didapati, serta ketenangan batiniah juga akan Anda temui.

Terapi Otak Forgiveness bekerja dengan stimulus gelombang otak ke dalam pikiran bawah sadar Anda. Terapi ini akan melakukan pemrograman yang bertujuan untuk merubah pemikiran Anda dari orang yang memiliki rasa dendam dan kebencian yang tinggi menjadi orang yang pemaaf.

Baca Juga :

Cara Mudah Menghilangkan Sakit Hati

Ini Bahayanya Jika Sulit Memaafkan Orang Lain.

Ketahui Dampak Buruk Akibat Sering Marah

Lenyapkan Dendam dan Sakit Hati Dengan Cara Ini

Tagged in : belajar memaafkan diri sendiri, hadits tentang memaafkan kesalahan orang lain, cara memaafkan orang yang menyakiti kita, cara memaafkan orang lain dengan tulus, cara memaafkan orang dengan ikhlas, cara memaafkan orang lain dalam islam, cara belajar memaafkan, belajar memaafkan seseorang, belajar ikhlas dan memaafkan, menyikapi orang yang menyakiti kita