blog stats

Besarnya Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Setiap manusia didunia ini tidak ada yang sempurna, pastilah memiliki suatu kesalahan baik itu disengaja maupun tidak, apalagi manusia memang tempatnya salah. Oleh karena itu kita sesama manusia harus saling memaafkan. Walaupun memaafkan kesalahan orang lain itu tidak semudah membalikkan tangan. Namun, taukah anda betapa besarnya manfaat memaafkan kesalahan orang lain.

Sebelum membahas jauh tentang manfaat saling memaafkan, saya akan menjelaskan apa sih sebenarnya memaafkan itu?. Memaafkan merupakan suatu tindakan sadar, keputusan yang disengaja untuk menghilangkan perasaan dendam atau tidak melakukan tindakan balas dendam terhadap seseorang yang telah menyakiti hati kita.

Belajar untuk memaafkan  merupakan langkah positif untuk memperoleh kemajuan dalam hidup. Hal tersebut juga menjadi slah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa marah dan dendam yang terjadi antara kita dan orang-orang disekitar kita. Memaafkan kesalahan orang yang telah menyakiti hati kita juga bisa menambah kehidupan menjadi ceria dan hubungan dengan orang lain pun menjadi lebih bermakna.

Jika orang disekitar kita berbuat kesalahan entah itu orang tua, suami, istri, kekasih, saudara, teman, sahabat, atau tetangga adakalanya kita sulit untuk memaafkan kesalahannya. Kita merasa marah dan jengkel bila mereka seolah-olah tidak melakukan atau menyadari kesalahan. Akhirnya kita memilih untuk tidak memaafkan mereka. memang semua kembali kepada kita, memaafkan atau tidak. Namun, tidak memaafkannya  hanya akan melukai hati kita saja. Mengapa demikian?

Akibat rasa jengkel dan marah yang tidak pernah padam hanya akan membuat kita tambah sakit hati. Perasaan marah yang semakin menebal itu akan memperparah keadaan jika kita tidak melepaskannya. Tanpa disadari kita akan menyimpan kekesalan ini untuk selamanya dan yang ada hanyalah stress yang lama kelamaan akan membuat kita sakit. Penyakit jantung, darah tinggi, stroke, depresi, dan berkurangnya sistem imun merupakan penyakit yang dipicu oleh stress.

Sebaliknya, jika kita dapat memaafkan kesalahan seseorang, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat. Dengan memaafkan akan membawa kedamaian pikiran dan membebaskan kita dari kemarahan dan rasa sakit hati. Selain itu, dengan memaafkan juga akan membuat kita panjang umur? Lho kok bisa? Karena dengan memaafkan akan membuat kita lebih sehat dan jauh dari penyakit.

Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mau memaafkan kesalahan orang lain, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Adapun manfaat tersebut antara lain :

  1. Memaafkan membuat kita lebih bahagia
    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bahagia lebih cenderung untuk memaafkan. Dan sejalan dengan ini, orang yang mampu memaafkan cenderung lebih bahagia, terutama ketika mereka memaafkan seseorang yang dekat dengan mereka.
  2. Memaafkan dapat meningkatkan kesehatan
    Ketika kita memikirkan dendam, tekanan darah dan denyut jantung akan meningkat. Ini menandakan bahwa stres sedang melanda. Ketika kita mengampuni, tingkat stress akan turun. Penelitian juga menunjukkan bahwa menyimpan dendam mungkin membahayakan sistem kekebalan tubuh kita, membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.
  3. Memaafkan membuat hubungan bertahan lama
    Dengan sifat pemaaf, wanita/pria terbukti mampu membuat hubungan bertahan lebih lama. Penelitian menemukan orang yang selalu memaafkan dan bermurah hati terhadap pasangannya akan lebih mudah menyelesaikan konflik. Jika sifat keras kepala dan ego selalu ditunjukkan oleh kedua pasangan, niscaya pertengkaran akan terjadi dan berhujung perpisahan.
  4. Memaafkan dapat mengurangi rasa sakit
    Penelitian terhadap individu yang mengalami sakit punggung kronik menemukan, berlatih meditasi untuk mengendalikan rasa marah lebih berkesan mengurangi rasa sakit dan rasa tegang dibandingkan dengan terapi kesehatan biasa. Marah adalah perilaku yang bisa membuat individu berbuat negatif dan ini akan mengganggu kesehatan.
  5. Memaafkan dapat mengusir stress
    Penelitian menemukan bahwa dendam yang disimpan secara mental dapat membuat tekanan yang menyebabkan stess. Tubuhpun beraksi, otot-otot menegang, tekanan darah meningkat, dan keringat berlebihan. Apa gunanya menyimpan amarah dalam hati. Daripada kita menyimpannya dan menjadikan itu penyakit, kini saatnya saling memaafkan.

Memaafkan sejatinya adalah membebaskan diri dari penjara karena perasaan amarah dan dendam yang sangat merugikan diri kita sendiri dan hanya kerugian yang kita peroleh jika kita tidak bisa memaafkan. Memaafkan sama maknanya dengan membersihkan hati kita dan manfaat memaafkan juga sangat bagus buat diri kita sendiri. Memaafkan bukan berarti kita kalah dari orang yang menyakiti kita, tetapi memaafkan kita lakukan untuk kebaikan diri kita sendiri agar kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik tanpa perasaan amarah dan dendam.

Jika memaafkan masih merupakan hal yang sulit untuk Anda lakukan, gunakanlah Terapi Otak Forgiveness dari Kami. Terapi yang sulit dipercaya ini memang memiliki keunggulan yang beragam diantaranya adalah membantu Anda menjadi seorang yang pemaaf. Memaafkan merupakan jalan utama, setelah memaafkan berhasil Anda lakukan, kesembuhan dari penyakit Anda niscaya juga akan didapati, serta ketenangan batiniah juga akan Anda temui.

Terapi Otak Forgiveness bekerja dengan stimulus gelombang otak ke dalam pikiran bawah sadar Anda. Terapi ini akan melakukan pemrograman yang bertujuan untuk merubah pemikiran Anda dari orang yang memiliki rasa dendam dan kebencian yang tinggi menjadi orang yang pemaaf.

Baca Juga :

Lenyapkan Dendam dan Sakit Hati Dengan Cara Ini

Cara Dahsyat Mengatasi Emosi Negatif

Cara Mudah Menghilangkan Sakit Hati

Ini Bahayanya Jika Sulit Memaafkan Orang Lain.

Tips Ampuh Meningkatkan Kesehatan Emosional

Kumpulan Artikel Psikologi