blog stats

Cara Ampuh Mengobati Gangguan Kepribadian Narsistik

cara mengatasi kepribadian narsisitikTentunya anda sudah sering mendengar tentang kata “narsis” dan tidak asing lagi ditelinga anda. atau mungkin anda sendiri termasuk seseorang yang narsis!. Label “narsis”  biasanya disematkan kepada orang yang dinilai egois dan mementingkan diri sendiri. Selain perilaku egois, narsisisme juga biasanya dikaitkan dengan ketiadaan empati.Taukah anda apa sih sebenarnya narsis itu? Artikel cara ampuh mengobati gangguan kepribadian narsistik akan menjelaskannya untuk anda.

Narsisme berasal dari kata narsistik yang berarti sebuah gangguan mental dimana seseorang merasa bahwa dirinya sangat penting secara berlebihan dan menyebabkan rasa kagum pada diri sendiri. Sedikit narsisisme adalah normal dan sehat. Setiap orang sesekali perlu mementingkan diri sendiri dan menjaga harga diri. Namun, masalah akan timbul bila kadarnya sudah berat sehingga merugikan diri sendiri dan hubungan dengan orang lain. Kondisi itu disebut gangguan kepribadian narsistik (narcissistic personality disorder).

Gangguan kepribadian narsistik merupakan salah satu dari beberapa jenis gangguan kepribadian. Gangguan kepribadian adalah kondisi dimana seseorang memiliki sifat tertentu yang menyebabkan mereka berperilaku dengan cara yang “menyedihkan”, hingga membatasi kemampuan mereka untuk berinteraksi dalam hubungan serta aspek lain dari kehidupan mereka, seperti pekerjaan atau sekolah. Pengobatan gangguan kepribadian narsistik lebih ditekankan pada psikoterapi.

Penyebab dari gangguan kepribadian narsistik tidak diketahui secara pasti. Seperti gangguan mental lainnya, penyebabnya bisa sangat kompleks. Mungkin saja berkaitan dengan masa kanak-kanak disfungsional seperti pemanjaan yang berlebihan, harapan yang sangat tinggi, perlakuan kejam atau penelantaran. Ada juga kemungkinan faktor genetik atau psikobiologis yakni hubungan antara otak dengan perilaku serta kemampuan berpikir memainkan peran dalam perkembangan gangguan kepribadian narsistik.

Gangguan kepribadian narsistik jarang terjadi. Gangguan ini lebih banyak dialami pria daripada wanita. Gangguan kepribadian narsistik seringkali dimulai pada masa awal usia dewasa. Meskipun beberapa remaja mungkin tampak memiliki sifat narsisme, hal ini biasanya hanya berlangsung pada masa tersebut dan tidak berarti bahwa mereka akan mengembangkan kepribadian narsistik.

Meskipun penyebab gangguan kepribadian narsistik tidak diketahui, beberapa peneliti menyimpulkan bahwa perilaku orang yang ekstrim, seperti pujian, pemanjaan, atau bahkan pengabaian yang berlebihan- mungkin menjadi salah satu faktor yang berpengaruh.

Faktor resiko untuk gangguan kepribadian narsistik diantaranya :

  • Sikap orang tua yang meremehkan atau menghina rasa takut serta kebutuhan anak
  • Kurang pujian dan kasih sayang selama masa kanak-kanak
  • Pujian dan pemanjaan yang berlebihan
  • Pengasuhan orang tua yang tidak dapat diandalkan
  • Mempelajari perilaku manipulatif dari orang tua

Gangguan kepribadian narsistik adalah pola berulang dari kesombongan, kecongkakan, dan egoisme yang menjauhkan dari pergaulan. Seseorang disebut memiliki gangguan kepribadian narsistik bila memiliki sedikitnya 5 dari 9 tanda berikut:

  1. Melebih-lebihkan prestasi dan bakatnya, merasa dirinya seorang yang hebat.
  2. Selalu membutuhkan kekaguman dan pujian orang lain.
  3. Berfantasi tentang kesuksesan, kecantikan, kekuasaan, dan ketenaran tanpa batas.
  4. Menganggap diri istimewa dan unik sehingga hanya sudi bergaul dengan orang-orang lain yang berstatus tinggi atau berhubungan dengan institusi yang berkelas.
  5. Merasa berhak untuk mendapatkan perlakuan istimewa atau orang lain harus selalu mengikuti kemauannya.
  6. Mengeksploitasi orang lain untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.
  7. Tidak dapat mengenali atau berempati dengan perasaan dan kebutuhan orang lain.
  8. Selalu iri hati dengan kesuksesan dan kepemilikan orang lain.
  9. Berperilaku arogan, congkak dan angkuh.

Karena selalu menginginkan yang terbaik dalam segala hal, penderita narsisme tidak dapat bahagia. Iri hati dan cemburu adalah emosi yang paling umum. Mereka tidak pernah menunjukkan rasa syukur atau empati. Kehidupan mereka bertumpu pada bagaimana dunia luar melihat mereka, dalam hal prestasi, kekayaan dan penampilan. Namun, dibalik topeng ultra-kepercayaan diri ini, sebenarnya terdapat harga diri yang rapuh, sehingga sangat rentan terhadap kritik.

Jika Anda memiliki gangguan kepribadian ini, belum tentu Anda menyadari ada yang salah dengan perilaku Anda, mungkin karena terlalu yakin bahwa diri sendiri yang paling benar. Namun, kepribadian narsistik dapat menimbulkan berbagai masalah di banyak aspek kehidupan, seperti kehidupan sosial, sekolah atau pekerjaan, serta keuangan Anda.

Akibat gangguan kepribadian narsistik ini, dapat membuat anda tidak mampu bersosialisasi dengan baik. jika anda merasa diri anda hebat, maka akan membuat anda terjerumus dalam delusi kemegahan. Sebaliknya, jika anda menjadi pribadi yang tertutup, maka anda akan menderita kompleks rendah diri yang sangat parah sehingga tidak dapat mentoleransi kritik.

Oleh karena itu sebelum bertambah parah gangguan kepribadian narsistik mempengaruhi kehidupan anda, sebaiknya segera mencari solusi bagaimana cara mengobatinya. Namun, sampai saat ini belum ditemukan obat medis yang dapat mengobati gangguan kepribadian narsisitik.  Akan tetapi, pengobatan masih bisa dilakukan dengan metode yang lain yaitu metode terapi.

Metode terapi yang dimaksud yaitu Terapi Binaural Beats Narsisitic Therapy. Terapi ini akan memberikan stimulus positif pada otak yang akan memberikan ketenangan dan menghilangkan gangguan kepribadian narisisistik dengan mengembalikan fungsi otak serta mengubah cara kerja otak menjadi lebih baik lagi.

Terapi Binaural Beats Narsisistic Therapy ini menggunakan media brainwave dan visualisasi diri yang akan bekerja langsung pada otak Anda, menghilangkan gangguan kepribadian narisisistik dengan mengembalikan fungsi otak serta mengubah cara kerja otak menjadi lebih baik lagi. Stimulasi positifnya akan membawa Anda pada kondisi kenyamanan dan rileksasi yang sangat dalam yang akan menghubungkan Anda dengan pikiran bawah sadar Anda.

Karena pusat dari otak adalah pikiran bawah sadar. Saat Anda telah terhubung dengan pikiran bawah sadar Anda, stimulus-stimulus positif dari terapi ini serta visualisasi diri yang Anda lakukan saat menggunakan terapi ini akan memudahkan Anda menghilangkan gangguan kepribadian narsisistik dari dalam diri Anda, mengubah cara berpikir Anda menjadi lebih baik serta menanamkan kebiasaan baru yang lebih positif dalam diri Anda.

Dengan keinginan dan keyakinan yang kuat dari dalam diri Anda untuk menghilangkan gangguan kepribadian narsisitik serta dengan bantuan Terapi Binaural Beats Narsisistic Therapy, gangguan kepribadian narisistik akan lebih mudah hilang dari dalam diri Anda. segera dapatkan Cd Terapinya dengan melakukan pemesanan kepada Cs kami.

Baca Juga :

Ketahui Macam-macam Gangguan Psikologis Kejiwaan Beserta Pengobatannya

Hilangkan OCD Dengan Cara Hebat Ini!

Jurus Ampuh Mengatasi Kelainan Seksual Fetisisme

Klaustrofobia : Penyebab, Gejala, dan Penyembuhan

Mengenal Gangguan Bipolar Disorder dan Cara Mengatasinya

Solusi Dahsyat Mengatasi Penyakit Schizofrenia

Kumpulan Artikel Psikologi