blog stats

Cara Efektif Mengatasi Phobia Sosial

Kecemaan ketika berada di lingkungan social yang ramai merupakan suatu hal yang wajar, misalnya pergi kepasar bertemu dengan banyak orang. Tetapi akan beda halnya jika kecemasan berubah menjadi ketakutan yang ekstrem saat berada di lingkungan social. Kecemasan yang irrasional jika berada dikeramaian, dan beranggapan akan mempermalukan diri sendiri. berikut ini akan dijelaskan cara efektif mengatasi phobia social yang dapat menjadi rujukan bagi anda.

Hal yang telah dijelaskan diatas disebut juga sebagai phobia social. Phobia social merupakan suatu kondisi gangguan mental berupa ketakutan atau kecemasan berlebihan untuk berinteraksi social dengan orang lain. Kecemasan ini muncul didasari oleh ketakutan untuk dinilai negative oleh orang lain.

Orang yang mengalami phobia social biasanya dapat berinteraksi dengan baik kepada keluarga maupun teman-teman dekatnya. Namun mengalami kesulitan bertemu dengan orang baru, berbicara didepan umum atau berbicara dihadapan orang banyak. Orang tersebut merasa takut salah bicara, takut terlihat bodoh, takut diri atau pembicaraannya tidak menarik oleh orang lain, takut ditertawakan, dan merasa terancam pada reaksi orang lain terhadapnya.

Kenali tanda atau gejala phobia social sejaak dini agar mempermudah penanganan phobia ini. Beberapa tanda atau gejala phobia social antara lain seperti

  1. Perasaan takut dan cemas yang mudah muncul dan berlebihan
  2. Keringat berlebih atau keringat dingin dan gemetaran
  3. Deg-degan yang sangat kuat atau kencang
  4. Muka memerah
  5. Tenggorokan dan mulit kering
  6. Otot-otot kejang dan kaku
  7. Takut bertatapan mata

Untuk menghindari hal-hal diatas, penderita phobia social memilih untuk menyembunyikan dirinya dari keramaian dengan tidak keluar rumah dan mengunci diri dirumah agar tidak perlu bicara dan menanggung resiko dinilai negative. Memang benar sekilas terlihat aman, tetapi sebenarnya malah menutup kesempatannya melatih ketrampilan social dan mendapat umpan balik yang berharga.

Orang yang mengalami phobia social sering merasa kesepian, menyimpan perasaan menyesal karena menyia-nyiakan waktunya untuk mengunci diri dirumah. Bagi mereka yang masih sekolah, tak jarang dari mereka merasa gagal disekolah. Tugas membaca keras disekolah saja menjadi tugas yang sangat berat bagi mereka, apalagi bertanya pada guru atau melakukan presentasi.

Akibat kecemasan yang sangat berlebihan tersebut membuat mereka kehilangan kesempatan mempelajari hal-hal baru dan menunjukkan bakat atau ketrampilannya. Sayang kan jika harus demikian. Mereka menjadi tidak bisa berkembang dan menunujukkan kreativitasnya.

Adakah cara yang efektif untuk mengatasi phobia social tersebut?

Phobia social merupakan gangguan mental atau termasuk dalam gangguan psikologis, jadi cara yang efektif untuk mengatasi gangguan psikologis tersebut yaitu dengan berkonsultasi ke psikolog. Dengan bantuan psikolog anda akan dibantu mencari solusi mengatasi phobia social anda. namun, jika anda takut pergi ke Psikolog, jangan khawatir. Anda dapat melakukan terapi dirumah. Terapi yang dapat membantu mengatasi gangguan phobia social yang anda alami.

Terapi merupakan suatu bentuk penerapan teknik pengobatan, penyembuhan dan penanganan berbagai masalah oleh para ahli yang dapat membantu alam bawah sadar Anda untuk menemukan dan melepaskan akar penyebab masalah yang Anda hadapi. Saat Anda melakukan terapi, Anda akan dibawa masuk menuju kondisi trance dan melakukan visualisasi yang digunakan untuk bersantai yang akan memandu Anda untuk mengenali hal positif dan kemampuan Anda dalam diri Anda.

Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat perubahan positif yang Anda inginkan. Terapi Binaural Beats Anti Sosial merupakan sebuah metode terapi dengan menggunakan visualisasi diri yang digunakan untuk mengatasi masalah yang saat ini sedang Anda hadapi. Orang yang mendengarkan CD Terapi ini, akan mendapatkan banyak manfaatnya.

Salah satu dari berbagai alasan bahwa banyak dari kita gagal untuk mengatasi fobia sosial kita karena apa yang kita katakan kepada diri kita sendiri (dan bagaimana kita mengatakan itu) dalam artian kita merasa ragu untuk bisa mengatasi hal itu, sehingga kita akan merasa terus tertekan. Dengan menggunakan Terapi Binaural Beats Anti Sosial ini dan melakukan visualisasi diri, Anda akan mudah untuk menjadikan diri Anda dengan pola pikir yang baru, sehingga fobia sosial ini bisa Anda hadapi.

Terapi Binaural Beats Anti Social yang Anda gunakan akan memberikan stimulasi gelombang otak dan akan membawa Anda menuju pikiran bawah sadar Anda, sedangkan visualisasi diri yang dilakukan akan memprogram pikiran bawah sadar Anda dari orang yang takut menjadi lebih berani.

Baca Juga :

5 Langkah Dahsyat Mengatasi Trauma Pada Anak

Waspadai Trauma Pada Anak Akibat Salah Pola Asuh

Cara Mudah Lenyapkan Hipokondria Dengan Cepat

Penyebab Terjadinya Hipokondria Pada Seseorang

Cara Ampuh Mengobati Gangguan Kepribadian Narsistik

Ketahui Macam-macam Gangguan Psikologis Kejiwaan Beserta Pengobatannya

Waspadai Anxietas Dengan Cara Ini

Kumpulan Artikel Psikologi