blog stats

6 Cara Mendidik Anak Nakal, Bandel, dan Susah Diatur

cara mendidik anak nakal menurut islam,  cara mendidik anak yang nakal dalam islam,  cara mendidik anak nakal di sekolah, cara mendidik anak balita nakal, mendidik anak agar tidak nakal, cara mendidik anak lelaki nakal, cara mengatasi anak nakal umur 6 tahun, mengatasi anak nakal usia 4 tahun, cara mengatasi anak nakal umur 2 tahun, cara mengatasi anak nakal umur 5 tahun, 8 cara mengatasi anak nakal, mengatasi anak nakal usia 5 tahun, cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun, mengatasi anak nakal usia 2 tahun, mengatasi anak nakal dalam kelas, cara guru mengatasi anak nakal, cara mengatasi anak nakal usia 12 tahun, cara mengatasi anak nakal di rumah, cara mengatasi anak nakal usia 3 tahun, cara mendidik anak agar nurut, cara menasehati anak yang baikcara mendidik anak yang nakal,- Mempunyai seorang anak dalam sebuah kehidupan berkeluarga tentunya sangat menyenangkan sekali bagi orang tua, akan tetapi tidak banyak juga orang tua yang merasa kerepotan dan kesal oleh tingkah laku anaknya, apalagi jika sang anak memilki watak nakal, bandel, tidak penurut, dan susah diatur. Ketika menghadapi anak dengan watak yang seperti itu, tugas kita sebagai orang tua adalah harus mampu memilih cara yang benar dan tepat dalam mengatasi kenakalan anak.

Memang benar bahwa mendidik anak yang nakal, bandel, dan susah diatur tidaklah mudah, bahkan untuk mengembalikan sikap anak menjadi penurut membutuhkan usaha yang keras dan cara yang tepat. Meskipun begitu, usaha yang sulit tersebut janganlah sampai membuat Anda sebagai orang tua mencari jalan pintas untuk mengatasi kebandelan anak, seperti menggunakan kekerasan atau marah-marah. Hal tersebut tidak akan membuat anak jera, tetapi malah membuat kenakalan mereka menjadi lebih semena-mena.

Cara dan Tips Mengatasi Kenakalan Anak

Lalu bagaimanakah cara yang tepat dalam mengatasi kenakalan anak? Untuk cara yang benar dan tepat dalam mengatasi kenakalan anak tentulah yang paling utama adalah tidak menggunakan kekerasan, tetapi menggunakan pendekatan yang lebih lembut. Simak saja penjelasannya dibawah ini dalam 6 tips cara mendidik anak yang nakal dan bandel serta susah diatur.

1. Tunjukan Sikap yang Lembut

Ketika anak berbuat kesalahan dan hal tersebut dilakukan di tempat umum, pasti rasanya Anda sebagai orang tua sangat dan ingin segera memarahi anak. Cara mendidik yang seperti ini sangatlah salah sama sekali, tindakan tepat yang harusnya dilakukan adalah dengan menunjukan sikap yang lembut dan memaafkannya. Coba tanyakan kepada mereka mengapa ia membuat kesalahan, anak berbuat kesalahan bukanlah karena keinginannya sendiri, tetapi terkadang terjadi karena ketidaksengajaan.

2. Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Terlalu memanjakan anak sejak dini sangatlah tidak baik bagi perkembangan anak, mereka akan terbiasa dengan jalan yang mudah ketika ingin mendapatkan sesuatu. Hal tersebut akan berakibat jika suatu saat keinginananan tidak terpenuhi, mereka akan menunjukan sikap membangkang pada orang tuanya. Oleh karena itulah Anda sebagai orang tua jangan terlalu memanjakan anak, perlakukan mereka secara baik dan sewajarnya saja.

3. Berilah Contoh yang Baik Pada Anak

Anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan dengan mudah menyerap apa yang orang lain lakukan disekitarnya. Bila Anda menginginkan anak untuk bersikap baik, jangan lupa untuk selalu memberikan contoh yang baik saat berada disekitar anak. Selain itu tidak lupa pula jauhkan anak dari hal-hal yang berdampak buruk pada perkembangannya, seperti acara tv kekerasan, teman yang nakal, dan yang lainnya.

4. Jangan Memberikan Label Buruk Pada Anak

Ketika anak berbuat kenakalan atau bersikap bandel, janganlah langsung memberikan label buruk kepada mereka, misalnya “kamu itu anak nakal, susah sekali untuk diatur”. Pemberian label nakal pada anak malah hanya akan membuat mereka yakin bahwa kenakalan adalah sifatnya, hal tersebut pada akhirnya hanya akan mempersulit kita sebagai orang tua dalam mengembalikan anak menjadi lebih baik.

5. Buat Aturan dengan Sanksi dan Reward yang Jelas

Dalam mendidik anak yang nakal dan susah diatur, langkah efektif yang bisa Anda ambil adalah dengan membuat sebuah aturan yang tegas dengan sanksi dan reward dan jelas. Sanksi berguna agar mereka menjauhi perbuatan tersebut, sementara reward (hadiah) difungsikan agar memberikan semangat kepada anak untuk bersikap lebih baik.

6. Mendidik Anak Secara Agama

Pondasi akhlak yang paling utama dalam kehidupan adalah agama, itulah sebabnya ilmu agama sangat penting untuk diberikan kepada anak sejak dini agar pendidikan akhlaknya bagus. Jika Anda bergama islam bisa dilakukan dengan mengajarkan anak membaca al-qur’an dan juga menyekolahkannya pada madrasah. Dengan diberikannya pendidikan agama sejak dini, diharapkan anak akan mampu memiliki perilaku dan juga budi pekerti yang baik.

Demikianlah 6 cara tips mengatasi anak yang nakal untuk Anda jadikan sebagai referensi. Memang benar bahwa dalam cara mendidik anak nakal menjadi baik tidak semudah membalikkan telapak tangan, semuanya harus dilakukan dengan usaha, kerja keras, dan perjuangan. Jika Anda telah melakuka semua tindakan diatas maka secara perlahan-lahan anak akan berubah pada tingkah laku yang baik. Namun bila Anda ingin lebih cepat dan efektif, dapat menggunakan Terapi Binaural Beats Conduction Disorder.

Cara Mengatasi Anak Nakal dengan Terapi

terapi mengatasi kenakalan anakTerapi Binaural Beats - Conduction Disorder diproduksi dalam bentuk audio dan dicetak dalam bentuk CD sehingga memudahkan anak Anda untuk menggunakannya. Terapi ini juga bekerja dengan memanfaatkan kekuatan gelombang otak dan kekuatan pikiran bawah sadar anak. Stimulasi gelombang otak dari terapi ini akan memberikan efek menenangkan pada anak, menjadikan anak lebih tenang dan bisa mengontrol perilaku mereka.

Selain menggunakan media gelombang otak untuk terapi, Anda juga bisa membarikan visualisasi kepada anak Anda. visualisasi saat menggunakan terapi ini akan menanamkan keinginan untuk menjadi anak yang lebih baik, yang memiliki perilaku yang lebih baik dan teratur ke dalam pikiran bawah sadar mereka. Saat keinginan telah tertanam dalam pikiran bawah sadar maka secara otomatis, tubuh anak akan merealisasikan keinginan tersebut dan mewujudkannya dalam kenyataan.

Baca Juga :

Penyebab Kenakalan Anak

Cara Menghadapi Anak Tantrum

Conduct Disorder Anak - Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

5 Langkah Dahsyat Mengatasi Trauma Pada Anak

Waspadai Trauma Pada Anak Akibat Salah Pola Asuh

Dampak Buruk Pedhofilia Terhadap Anak

Waspadai Pedhofilia Disekitar Anda

Tagged in : cara mendidik anak nakal menurut islam,  cara mendidik anak yang nakal dalam islam,  cara mendidik anak nakal di sekolah, cara mendidik anak balita nakal, mendidik anak agar tidak nakal, cara mendidik anak lelaki nakal, cara mengatasi anak nakal umur 6 tahun, mengatasi anak nakal usia 4 tahun, cara mengatasi anak nakal umur 2 tahun, cara mengatasi anak nakal umur 5 tahun, 8 cara mengatasi anak nakal, mengatasi anak nakal usia 5 tahun, cara mengatasi anak nakal usia 4 tahun, mengatasi anak nakal usia 2 tahun, mengatasi anak nakal dalam kelas, cara guru mengatasi anak nakal, cara mengatasi anak nakal usia 12 tahun, cara mengatasi anak nakal di rumah, cara mengatasi anak nakal usia 3 tahun, cara mendidik anak agar nurut, cara menasehati anak yang baik