blog stats

Gangguan Kecemasan : Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

gangguan kecemasan berlebihan, cemas berlebihan takut mati, cemas berlebihan terhadap penyakit, pengertian anxiety, penyakit anxiety disorder, cara mengatasi kecemasan menurut para ahli, gangguan kecemasan anxiety disorder, penyebab anxiety disorder, ciri ciri anxiety disorder, cara mengatasi kecemasan berlebihan, sembuh dari anxiety disorder, obat cemas berlebihan, mengatasi anxiety disorder, mengatasi kecemasan dalam islam, gangguan cemas bisa sembuh, macam macam gangguan kecemasan, kecemasan berlebihan menurut islam, pengertian gangguan kecemasan, obat cemas dan depresi, makalah gangguan kecemasan, gangguan kecemasan dalam psikologi abnormal, contoh kasus gangguan kecemasan

Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan Berlebihan),- Gangguan kecemasan atau yang dalam bahasa medis lebih dikenal dengan anxiety disorder adalah salah satu jenis gangguan psikologis yang menyebabkan penderitanya mengalami rasa panik, rasa takut, serta rasa cemas yang berlebihan. Penyakit mental ini biasanya berkaitan dengan tekanan batin yang kuat serta mental lemah yang tidak mampu menghadapinya.

Kita ketahui sendiri bahwa kecemasan adalah bagian dari emosi alami manusia, tidak ada satupun manusia didunia ini yang bisa luput dari kecemasan. Bahkan beberapa orang menganggap bahwa kecemasan adalah nilai positif, sebab dengan hal tersebut mereka akan dapat menjadi lebih waspada dan hati-hati dalam menjalani kehidupan. Sayangnya hal tersebut tidak berlaku terhadap penderita gangguan kecemasan (anxiety disorder).

Pada anxiety disorder, cemas yang mereka alami bukanlah cemas yang normal melainkan kecemasan berlebihan yang membuat detak jantung berdetak kencang disertai dengan keringat dingin. Gangguan kecemasan ini akan membuat penderita dilanda rasa cemas, serangan panik, serta ketakutan berlebihan yang akhirnya akan mengganggu kehidupan sehari-hari mereka. Menyebabkan penderita mengalami stress, depresi, hingga ganguan mental lainnya yang membahayakan.

Penyebab Gangguan Kecemasan

Penyebab gangguan kecemasan (anxiety disorder) hingga sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti karena masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Tapi yang pasti, penyebab gangguan kecemasan menurut para ahli disebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor pertama yang dapat menyebabkan kecemasan dapat berasal dari dalam diri, mulai dari mental lemah, trauma masa lalu, pribadi negatif, karakter yang cacat, hingga pendidikan dari kecil yang salah. Faktor ini biasanya sering disebut dengan faktor internal dan kecemasan berlebihan akibat  faktor ini sangat sulit untuk diobati, kecuali jika penderita mampu mengubah dirinya terlebih menjadi lebih baik.

Faktor kedua bisa kita sebut dengan faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar diri. Beberapa diantaranya adalah masalah tekanan kehidupan hingga masalah lingkungan sekitar. Contohnya cukup banyak misalnya pekerjaan, rumah tangga, tuntutan hidup yang semakin bertambah, dan lain-lainnya.

Tanda dan Gejala Gangguan Kecemasan

Banyak sekali ditemukan tanda dan gejala dari gangguan kecemasan, tapi biasanya yang paling mudah untuk dikenali adalah timbulnya kepanikan, kecemasan, serta ketakutan yang berlebihan. Untuk lebih lengkapnya silahkan saja simak tanda dan gejala anxiety disorder dibawah ini.

  • Perasaan panik, ketakutan, dan kegelisahan
  • Masalah tidur
  • Tangan atau kaki dingin atau berkeringat
  • Sesak napas
  • Palpitasi jantung (jantung berdetak kencang atau tidak beraturan)
  • Tidak bisa diam dan tenang
  • Mulut kering
  • Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki
  • Mual
  • Ketegangan otot
  • Pusing

Mungkin bagi sebagian dari Anda, gejala diatas sama sekali tidak akan berpengaruh terhadap tubuh dan kehidupan manusia. Namun jangan salah karena bagi orang yang dituntut untuk kesempurnaan, gejala kecemasan sangatlah merugikan. Apalagi jika sudah semakin parah, gangguan kecemasan dapat menyebabkan gangguan psikologis mematikan lainnya seperti . Itulah mengapa kami sarankan kepada Anda untuk segera mengatasi gangguan kecemasan sedini mungkin.

Pengobatan Gangguan Kecemasancara mengobati anxiety disorder

Cara mengobati gangguan kecemasan sangatlah berbeda dengan cara menghilangkan/mengatasi kecemasan, sebab kita akan berusah menghancurkan gangguan kecemasan tersebut hingga sampai ke akar-akarnya.

Untuk pengobatan terhadap anxiety disorder (gangguan kecemasan) dapat Anda lakukan dengan tiga metode, yaitu medis, herbal, dan terapi.

  • Pengobatan Anxiety Disorder Secara Medis

Untuk cara mengobati anxiety secara medis biasanya akan dilakukan dengan menggunakan obat anti depresan. Dokter akan memberikan resep kepada penderita untuk mengkonsumsi berapa dosis obat anti depresan setiap harinya. Sayangnya ada nilai negatif terhadap pengobatan medis anxiety ini, sebab hal ini hanya sebagai pencegah dan bukannya untuk pengobatan secara permanen. Selain itu tentu ada tahu bahwa ada efek samping dari obat anti depresan yang terbuat dari bahan kimiawi.

  • Pengobatan Anxiety Disorder Secara Herbal

Selanjutnya untuk cara mengobati kecemasan dengan herbal adalah dengan menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari racikan bahan ekstrak herbal pilihan. Beberapa ekstrak herbal tersebut memiliki manfaat untuk menenangkan pikiran dan menormalkan detak jantung serta peredaran darah dalam tubuh. Pengobatan herbal ini aman dari efek samping karena terbuat dari bahan herbal alami. Anda bisa mendapatkan obat herbal kecemasan berlebihan disini.

  • Pengobatan Anxiety Disorder Secara Terapi

Terapi adalah metode pengobatan anxiety disorder yang terbaik, karena sifatnya tidak hanya mencegah namun juga untuk menghilangkan cemas berlebihan hingga keakarnya. Selain itu metode terapi jika digunakan secara rutin juga mampu untuk mengobati kecemasan berlebih secara permanen. Terapi terbaik di Indonesia untuk mengobati gangguan kecemasan adalah Terapi Psikologi Anxiety Aid.

Demikianlah pembahasan mengenai gangguan kecemasan (anxiety disorder) yang bisa http://terapipsikologi.com sampaikan. Semoga informasi bermanfaat bagi kita semua, terima kasih dan salam sehat bebas dari gangguan psikologis.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan Menyeluruh

Cara Mudah Menghilangkan Sakit Hati

Hilangkan Serangan Panik Dengan Cara Ini

Jurus Ampuh Mengatasi Serangan Panik

Solusi Ampuh Menghilangkan Kecemasan Ketika Mengemudi

Tips Ampuh Meningkatkan Kesehatan Emosional

Waspadai Anxietas Dengan Cara Ini

Tagged in : cemas berlebihan takut mati, cemas berlebihan terhadap penyakit, pengertian anxiety, penyakit anxiety disorder, cara mengatasi kecemasan menurut para ahli, gangguan kecemasan anxiety disorder, penyebab anxiety disorder, ciri ciri anxiety disorder, cara mengatasi kecemasan berlebihan, sembuh dari anxiety disorder, obat cemas berlebihan, mengatasi anxiety disorder, mengatasi kecemasan dalam islam, gangguan cemas bisa sembuh, macam macam gangguan kecemasan, kecemasan berlebihan menurut islam, pengertian gangguan kecemasan, obat cemas dan depresi, makalah gangguan kecemasan, gangguan kecemasan dalam psikologi abnormal, contoh kasus gangguan kecemasan