blog stats

Pengertian Hikikomori yang Salah Oleh Remaja Indonesia

pengertian hikikomori adalah, fenomena hikikomori di indonesia, sindrom hikikomori, hikikomori artinya, arti hikikomori, cara mengatasi hikikomori, hikikomori indonesia, menarik diri dari pergaulan, mengurung diri dikamar

Pengertian Hikikomori yang Salah Oleh Remaja Indonesia,- Mungkin bagi Anda para orang tua, kata hikikomori akan terdengar asing di telinga. Tapi bagi remaja, ini adalah istilah yang cukup populer di kalangan mereka. Akan tetapi sayangnya, kebanyakan remaja Indonesia salah dalam mengartikan makna sebenarnya tentang hikikomori tersebut.

Hikikomori (bahasa jepang:引きこも, ひきこも, atau 引き籠もりsecara harfiah memiliki arti menyendiri. Sebutan ini sangat terkenal di negara jepang, hikikomori merupakan istilah untuk seseorang yang manarik dan mengurung diri dari lingkungan sosial. Kementerian jepang mengklasifasikan hikikomori kepada orang yang mengurung dirinya dalam kamar dari pergaulan sosial selama lebih dari 6 bulan atau lebih.

Hikikomori lebih banyak diderita oleh orang pada usia remaja. Ini terjadi karena pada usia remaja, banyak orang yang ingin mengetahui jati diri dan potensi dalam dirinya. Namun ketika apa yang mereka bayangkan tidak sesuai dengan kenyataan, timbullah rasa takut dan khawatir yang menyebabkan mereka  menjadi seorang hikikomori.

Akibat yang ditimbulkan oleh hikikomori ini sangatlah berbahaya bagi kelangsungan hidup penderitanya. Bayangkan saja, apakah selamanya kita bisa hidup dikamar tanpa bantuan dengan dengan orang lain? Bahkan untuk menekan hikikomori, pemerintah jepang harus sampai bertindak sendiri mendirikan sebuah badan negara yang berguna untuk menemukan dan mengatasi hikikomori pada warga jepang disana.

Nah, di Indonesia sendiri, hikikomori mulai mewabah dan menjalari para remaja kita. Tapi anehnya, pada bayangan mereka hikikomori adalah hal yang keren dan cool untuk dilakukan. Entah siapa yang pertama kali memunculkan ide seperti ini? Karena pada akhirnya pikiran mereka terhadap hikikomori adalah hal yang baik dan layak untuk dilakukan. Padahal telah kita ketahui dari penjelasan sebelumnya, bahwa hikikomori adalah hal yang buruk dan dinilai negatif oleh warga jepang.

Satu lagi kekeliruan hikikomori oleh para remaja Indonesia. Di Jepang, orang menjadi hikikomori dikarenakan tuntutan kehidupan dan sosial yang tinggi. Dijelaskan oleh Tamaki Sato, psikiater ternama Jepang, tingginya angka ekonomi jepang dan tuntutan keluarga yang tinggi banyak membuat warganya menjadi seorang hikikomori.

Sedangkan di Indonesia, apa sebenarnya penyebab remaja menjadi hikikomori? Mungkin akan terlihat aneh dan lucu dimata Anda, karena kebanyakan penyebab remaja Indonesia menjadi hikikomori adalah karena mereka terlalu fanatik terhadap kebudayaan jepang. Pada kebudayaan jepang yang mereka gemari tersebut. Digambarkan bahwa hikikomori adalah hal yang menarik dan kerena.

Kami harapkan dengan adanya artikel ini akan semakin membuka mata remaja kita terhadap hikikomori. Bahwa sebenarnya hikikomori adalah tindakan yang tidak hebat dan tidak patut untuk dibangga-banggakan. Tetapi hikikomori harusnya masuk dalam tindakan yang kita hindari dan waspadai.

Manusia adalah makhluk sosial, mereka membutuhkan bantuan dan dorongan dari orang lainnya. Kita sebagai manusia tidak akan pernah bisa hidup seorang diri tanpa membutuhkan bantuan dari orang lain. Jika ada masalah, jangan lari dan menyembunyikan diri ditempat yang kita anggap nyaman, tetapi hadapilah masalah tersebut badan yang tegap. Percayalah, masalah itu merupakan ujian dari tuhan untuk membentuk diri kita menjadi lebih baik. Semoga Anda menyukai artikel ini, salam dari kami tim http://terapipsikologi.com.

Baca juga :

Cara Ampuh Mengobati Gangguan Kepribadian Narsistik

Cara Melatih Keterampilan Sosial Dalam Berhubungan dengan Orang Lain

Kepribadian Anti Sosial : Penyebab, Ciri, dan Pengobatan

Ketahui Macam-macam Gangguan Psikologis Kejiwaan Beserta Pengobatannya

Perbedaan Introvert dan Antisosial

Perbedaan Narsis dan Ganggguan Kepribadian Narsistik

Psikopat, Penyakit Saiko yang Membahayakan Masyarakat

Tagged in : pengertian hikikomori adalah, fenomena hikikomori di indonesia, sindrom hikikomori, hikikomori artinya, arti hikikomori, cara mengatasi hikikomori, hikikomori indonesia, menarik diri dari pergaulan, mengurung diri dikamar