blog stats

Teori Ilmu Psikologi Cinta + Test Cinta Terbaru

teori psikologi cinta, ilmu psikologi tentang cinta

Teori Ilmu Psikologi Tentang Cinta + Test Psikologi Cinta Terbaru,- Cinta adalah anugerah terindah yang diberikan tuhan kepada makhluknya, dengan cinta kita bisa tertawa, bersedih, hingga menangis bahagia. Tapi pernahkah terbelisit dipikiran Anda tentang mengapa orang bisa jatuh cinta? Bagaimanakah keadaan psikologi wanita dan pria saat sedang jatuh cinta? Dan mengapa juga ada percintaan yang dapat bertahan lama dan hanya sebentar saja? Inilah yang sedang berusaha kami bahas yaitu tentang teori psikologi tentang cinta. Jadi tetaplah bersama kami karena dibelakang nanti akan diadakan test psikologi cinta terbaru dan paling tepat.

Bagaimana Psikologi Menjelaskan dan Menerangkan Tentang Cinta

Sudah menjadi rahasia umum bahwa cinta adalah emosi dasar manusia. Tetapi ketika kita ingin memahami dan mengerti tentang perasaan dasar manusia tersebut, ternyata tidaklah semudah kenyataannya. Bahkan menurut sejarah, sudah sejak sangat dahulu kala banyak orang yang berusaha mengerti tentang cinta. Tetapi hasilnya hanyalah tentang pernyataan bahwa cinta itu kompleks, misterius, tidak berwujud.

Untunglah pada dewasa ini, para pakar psikologi telah berhasil menemukan sebuah pengertian tentang cinta. Apakah sebenarnya cinta itu? Simak saja ulasannya dalam teori psikologi tentang cinta dibawah ini.

Teori Antara Menyukai dengan Mencintai

Pakar Psikologi terkenal dunia, Zick Rubin, mengemukakan bahwa perasaan cinta itu terbentuk oleh tiga perasaan diantaranya:

  • Perhatian
  • Kasih Sayang
  • Keintiman

Robin mengatakan bahwa terkadang kita akan mengalami suatu keadaan dimana terdapat perasaan tentang seseorang. Kita akan sangat menyukai waktu yang dihabiskan bersama dia dan selalu ingin berada didekatnya. Tapi ini bukanlah sesuatu yang bisa disebut dengan cinta, melainkan rubin berpendapat bahwa ini adalah perasan menyukai.

Sedangkan perasaan cinta, menurut robin itu lebih dalam dan kuat termasuk keinginan untuk selalu bersamanya. Seseorang yang dalam perasaan ‘menyukai’ akan senang dengan hanya kebersamaan mereka. Sedangkan orang yang dalam perasan ‘cinta’ akan  memerhatikan orang yang dicintai seperti ketika ia memperhatikan dirinya sendiri.

Sedangkan kasih sayang adalah keinginan untuk menerima kontak fisik serta kasih terhadap orang mereka cintai. Yang terakhir keintiman, tentang kebersamaan saling membagi antara keinginan dan perasaaan dua orang tersebut. Seperti itulah teori conta menurut pakar psikologi zick robin.

Teori Antara Kasih Sayang dengan Gairah

Menurut ahli pakar psikologi Elaine Hatfield, cinta dibagi dalam dua kategori, yaitu:

  • Kasih Sayang
  • Gairah

Cinta kasih sayang didasari pada saling menghormati, menghargai, keterikatan, serta kepercayaan. Cinta kasih sayang biasanya tercipta dari berkembanganya perasaan saling pengertian dan rasa saling menghargai antara dua orang.

Sedangkan pada kategori cinta gairah, lebih didasari pada emosi yang kuat serta ketertarikan seksual. Ketika dasar emosi tersebut membara, maka orang yang dalam kategori cinta akan merasa terpuaskan. Meskipun begitu Elaine Hatfield menyatakan bahwa cinta yang didasari gairah biasanya akan berujung pada dendam dan kebencian. Hatfield sendiri berpendapat bahwa cinta yang dilandasi gairah tidak akan bertahan lama, kira-kira hanya bisa bertahan sekitar 6-30 bulan.

Teori Tentang Roda Warna Cinta

Dalam bukunya yang berjudul The Colors of Love, pakar psikologi John Lee menganalogikan cinta dengan teori roda warna. Seperti dalam teori roda warna yang hanya terdapat 3 warna, Lee juga mengemukakan bahwa ada tiga jenis cinta. Diantaranya adalah :

1. Eros

Eros adalah tipe cinta yang paling ideal menurut Lee. Hal ini dikarenakan tipe cinta ini didasari pada komitmen dan keinginan yang tulus, baik itu dari raga maupun pikiran orang tersebut.

2. Ludos

Ludos adalah tipe cinta yang seperti main-main. Ludos dikatakan sebagai percintaan yang tidak siap dengan jenjang berikutnya, mereka hanya menganggap cinta sebagai permainan yang menyenangkan.

3. Storge

Storge lebih menjabarkan tipe cinta yang secara alamiah, seperti antara orang tua dan anak, kakak dan adik, dan sebagainya. Istilah kerena storge dalam masa kini adalah friendzone. Dimana mereka lebih dari sahabat tetapi kurang dari berpasangan. Sama sekali tidak ada cinta, yang ada hanyalah kasis sayang biasa.

Dari kombinasi ketiga roda warna cinta tersebut pun dapat menghasilkan roda warna cinta baru, diantaranya adalah:

1. Mania (Eros + Ludos) - Cinta yang obsesif

2. Pragma (Ludos + Storge) - Cinta yang realistis

3. Agape (Eros + Storge) - Cinta yang tak mementingkan diri sendiri

Teori Segitiga Cinta

Jangan Anda kira bahwa teori cinta segitiga ini melibatkan tiga orang yang saling mencintai satu dengan yang lainnya. Itu adalah persepsi yang salah, teori segitiga cinta adalah sebuah teori yang dikemukakan oleh Robert Sternberg tentang tiga perasaan yang menghasilkan cinta, diantaranya adalah :

  • Keintiman
  • Gairah
  • Komitmen

Kombinasi berbeda dari tiga perasaan diatas akan menghasilkan cinta, meskipun bisa cinta bisa juga hanya terdiri dari satu perasaan saja. Tetapi Sternberg berpendapat bahwa cinta yang dibangun dari dua perasaan akan lebih bertahan lama dibandingkan dengan satu perasaan saja.

Selain itu terdapat cinta yang menggabungkan tiga perasaan diatas, hal ini disebut Sternberg dengan cinta yang sempurna. Tapi sayangnya cinta yang seperti itu sangat jarang bahkan sampai langka untuk ditemukan.

Test Psikologi Cinta Terbaru dan Terakurat

ilmu psikologi tentang cinta, tes psikologi cintaNah setelah kita mengetahui tentang beberapa teori psikologi tentang cinta, kini saatnya untuk mencoba melakukan test psikologi cinta dalam mengetahui manakah diri kita yang sebenarnya saat mencintai seseorang. Metode test psikologi cinta yang akan kita gunakan adalah dengan mencoba teori roda cinta yang dikemukakan oleh John Lee, simak saja selengkapnya dalam test psikologi cinta terbaru dan terakurat dibawah ini.

Test Psikologi Cinta

Siapkanlah pulpen dan kertas untuk menulis jawaban pertanyaan secara rinci dibawah ini, karena pada akhir nanti akan digunakan untuk mengetahui tentang psikologi cinta kita yang sebenarnya.

1.Bagaimanakah pendapatmu tentang cara terbaik memulai sebuah hubungan?

a. Berkenalan, lalu mengajak dirinya untuk kencan.

b. Ketika kita sudah mengenal satu sama lain secara dalam dan dengan waktu yang cukup lama.

c. Tidak terburu-buru dalam menjalin hubungan sebelum Anda siap. Karena pasangan akan datang di masa yang tepat.

2. Dari gambar dibawah ini, menakah yang kamu sukai?

test psikologi cinta

3. Apakah kamu merasa sulit untuk jatuh cinta?

a. Tidak terlalu. bahkan bisa dibilang mudah.

b. Iya, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

c. Tidak sulit, asalkan sesuai dengan kriteria dan keadaan saya.

4. Menurutmu dari beberapa gambar dibawah ini, manakah yang kamu paling merasakan cinta?

test psikologi cinta

5. Manakah dari gambar dibawah ini yang mewakili saat kamu sedang putus cinta.

test psikologi cinta

6. Apa yang sangat kamu inginkan dari pasanganmu?

a. Memiliki satu sama lain dengan tulus.

b. Kisah cinta yang membara.

c. Hubungan yang bertahan lama.

7. Seberapa kuatkah perasaan cemburu dan rasa ingin memiliki pada pasangan dalam dirimu?

a. Tidak ada, rasa Ingin memiliki dan cemburu hanya dimiliki oleh pasangan yang sudah menikah.

b. Tidak terlalu kuat, kami sudah saling percaya karena sudah sangat paham satu sama lain.

c. Kuat sekali, Saya berharap kami saling memiliki dan tidak boleh ada campur tangan orang lain.

8. Apakah kamu sudah sangat siap dalam menjalin hubungan ke jenjang yang lebih lanjut lagi?

a. Siap sekali saat saya telah menemukan pilihan yang tepat seperti yang telah saya bayangkan selama ini.

b. Masih belum siap.

c. Saya siap asalkan tidak ada kerugian dari kedua pihak.

9. Apa pendapatmu tentang seks dalam suatu hubungan?

a. Sangat berkesan dan dalam. Sesuatu yang sudah saya tunggu-tunggu dari dulu.

b. Hal yang sangat pribadi antara pasangan, cukup hanya dia dan aku saja yang tahu.

c. Surga keindahan dunia. Harus dalam ikatan pernikahan dan tidak boleh sembarangan.

Sudahkah Anda menulis jawaban Anda tentang pertanyaan diatas, kini saatnya kita untuk melihat hasil dari tes psikologi cinta yang telah dilakukan.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Eros : cinta yang didasari pada komitmen dan keinginan yang tulus, baik itu dari raga maupun pikiran orang tersebut.

(Kunci Jawaban: 1-a, 3-a, 4-a, 6-b, 9-a)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ludos : tipe cinta yang bermain-main, tidak bisa diajak komitmen serius.

(Kunci Jawaban: 1-a, 2-b, 4-a, 5-a, 7-a, 8-b)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Storge : tipe cinta yang secara alamiah, seperti antara orang tua dan anak, adik dan kakak, dsb.

(Kunci Jawaban: 1-b, 2-c, 4-b, 5-c, 7-b)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mania : tipe cinta yang posesif.

(Kunci Jawaban: 2-c, 5-c, 6-a, 7-c, 9-b)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pragma : tipe cinta yang realistis.

(Kunci Jawaban: 1-c, 2-a, 3-c, 6-c, 8-c)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Agape : tipe cinta yang tak mementingkan diri sendiri.

(Kunci Jawaban: 1-c, 3-b, 4-c, 5-b, 7-b, 8-a, 9-c)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadi termasuk tipe manakah dirimu?

Baca juga :

8 Macam Phobia Tentang Cinta yang Mungkin Tidak Anda Tahu

6 Alasan Orang Sulit Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Cara Ampuh Mengobati Gangguan Kepribadian Narsistik

Ketahui Macam-macam Gangguan Psikologis Kejiwaan Beserta Pengobatannya