blog stats

Klaustrofobia (Claustrophobia) : Penyebab, Gejala, dan Penyembuhan

artikel klaustrofobia, pengertian klaustrofobia, penyakit claustrophobia, penjelasan klaustrofobia, klaustrofobia artinya, fobia claustrophobia, penjelasan claustrophobia, pengobatan claustrophobia, penyakit claustrophobia, apa itu claustrophobiaClaustrophobia, terapipsikologi.com,- Klaustrofobia atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Claustrophobia adalah sebuah penyakit gangguan kecemasan yang diakibatkan oleh ketakutan berlebihan terhadap ketidakmampuan untuk melarikan diri pada ruangan tertutup dan sempit.

Klaustrofobia ini sering menyebabkan serangan panik berlebihan dan dapat terjadi karena dipicu oleh  oleh situasi dan rangsangan tertentu, misalnya berada di lift yang penuh, rungan kecil tanpa jendela, bisa juga di dalam pesawat. Bahkan beberapa penderita klaustrofobia akan mengalami rasa takut ketika mereka memakai pakaian dengan leher yang ketat.

Pengertian Klaustrofobia

Klaustrofobia (Claustrophobia) berasal dari bahasa latin ‘claustrum’ yang berarti ‘tempat tertutup’ dan bahasa yunani ‘phobos’ yang memiliki arti ‘takut’, jadi klaustrofobia juga bisa disebut dengan ketakutan terhadap tempat tertutup. Banyak sekali penderita klaustrophobia yang mengalami kesulitan menjalani hidup akibat phobia ini. Hal ini disebabkan karena mereka akan selalu berhati-hati untuk menghindari beberapa tempat yang bisa memicu ketakutan, bahkan sampai ada penderita yang lebih memilih menaiki tangga daripada menggunakan lift tidak peduli seberapa banyak lantai yang harus ditempuh.

Penyebab Klaustrofobia

Hingga sampai saat ini penyebab secara pasti kalustrofobia masih diteliti lebih lanjut, tapi beberapa ahli sepakat mengemukakan bahwa claustrophobia ini disebabkan oleh trauma pada masa anak-anak yang membekas pada pikiran mereka tentang ketakutan terhadap ruangan kecil dan sempit. Beberapa contoh trauma tersebut adalah:

  • Terpisah dari orang tua saat bermain di keramaian
  • Terjatuh ke dalam lubang yang dalam
  • Terjatuh ke kolam renang dan tidak bisa berenang, dan lainya.

Trauma pada masa lalu itu akan menanamkan ketakutan pada pikiran penderita yang akhirnya akan mengakibatkan penderita mengalami klaustrofobia. Selain disebabkan oleh truma, klaustrofobia juga dapat disebabkan oleh keturunan. Hal ini didukung oleh fakta bahwa anak dari orang tua penderita klaustrofobia mengalami kemungkinan lebih besar dalam menderita klaustrofobia juga.

Gejala dan Tanda Klaustrofobia

Gejala adalah apa yang dialami oleh penderita, sedangkan tanda adalah apa yang dilihat orang lain pada penderita. Berikut ini adalah beberapa macam gejala dan tanda klaustrofobia, diantaranya adalah:

Gelisah

Salah satu gejala klaustrofobia yang sangat mudah untuk dilihat adalah kecemasan. Penderita klaustrofobia akan mengalami rasa cemas yang mendalam ketika berada di ruangan sempit, bahkan cemas juga dapat terjadi meskipun mereka hanya membanyangkannya saja.

Masalah Pernafasan

Gejala lainnya dari claustrophobia adalah masalah pernafasan, yang biasa dialami adalah pernafasan, sesak nafas atau hiperventilasi. Hal ini disebabkan karena klaustrofobia dapat menyebabkan serangan panik yang berujung pada permasalahan tersebut.

Menghindar

Penderita klaustrofobia akan mencoba untuk menghindari berada pada tempat yang ramai atau acara-acara tertentu yang memiliki tujuan agar tidak berada pada ruangan sempit dan tertutup.

Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati yang mendadak juga menjadi salah satu gejala klaustrofobia, misalnya ketika mereka akan memasuki kereta yang sempit tiba-tiba menjadi sedih, gelisah, dan tidak tentu.

Penyembuhan Klaustrofobia

Untuk sampai saat ini, penyembuhan terhadap klaustrofobia dapat dilakukan dengan beberapa metode penyembuhan. Yaitu secara medis dan terapi, simak saja ulasannya berikut ini.

Medis

Penyembuhan medis yang paling umum adalah menggunakan obat, biasanya para dokter akan memberikan jenis obat-obatan yang dapat mengurangi gejala dan tanda klaustrofobia seperti cemas dan gelisah. Meskipun begitu sifat dari pengobatan medis biasanya difungsikan sebagai peringanan terhadap klaustrofobia, bukan untuk penyembuhan.

Terapi

Terapi merupakan penyembuhan klaustrofobia yang paling diminati oleh para penderita, hal ini disebabkan karena terapi merupakan penyembuhan yang secara fektif dalam membantu mengobati klaustrofobia. Salah satu terapi yang paling terkenal adalah Terapi Claustrophobia Teratment.

Baca Juga :

Hipnoterapi Untuk Mengatasi Fobia

Menyembuhkan Fobia Dengan Terapi Gelombang Otak

Rahasia Mudah untuk Mengatasi Claustrophobia

Solusi Ampuh Mengatasi Trauma

Solusi Ampuh Mengatasi Phobia

Terapi Musik Untuk Mengobati Fobia

Artikel lainnya klik disini

Tagged in : artikel klaustrofobia, pengertian klaustrofobia, penyakit claustrophobia, penjelasan klaustrofobia, klaustrofobia artinya, fobia claustrophobia, penjelasan claustrophobia, pengobatan claustrophobia, penyakit claustrophobia, apa itu claustrophobia