blog stats

Penyakit Bipolar Disorder - Tanda, Penyebab, dan Pengobatan

penyakit bipolar, bipolar disorder, ciri ciri penyakit bipolar, penyebab bipolar disorder, obat bipolar disordser, bipolar artinya, penyakit bipolar marshanda, penyebab penyakit bipolar, cara mengatasi penyakit bipolar, tanda penyakit bipolar, ciri ciri penderita bipolar disorder, arti penyakit bipolar, ciri ciri penyakit bipolar disorder, gejala dari penyakit bipolar, penyakit bipolar disorder marshanda, terapi bipolar disorder, penyakit bipolar disorder dan schizophrenia

Gangguan Bipolar Disorder,- Mungkin bila kita melihat ke belakang, tepatnya pada tahun 2014-2015. Kata bipolar disorder sangatlah sering kita dengarkan, ini tidak terlepas dari kasus artis Indonesia yang menghebohkan, Marshanda, yang dikatakan mengalami penyakit gangguan bipolar disorder. Sebuah gangguan psikologi yang menyebabkan penderitanya mengalami perubahan emosi secara tak tentu.

Namun benarkah hanya sebatas itu saja penyakit bipolar disorder? Itulah mengapa, kami dari tim terapipsikologi.com akan membahas secara lengkap dan pasti tentang apa sebenarnya itu penyakit gangguan bipolar disorder. Simak saja ulasannya berikut ini.

Apa itu Bipolar Disorder?

Penyakit bipolar/Gangguan bipolar/Bipolar disorder adalah suatu gangguan kejiwaan yang mengakibatkan penderita mengalami keadaan emosi yang tak stabil, serta berubahnya suasana hati secara drastis dan fluktuaktif. Contoh saja pada kasus marshanda, ada kalanya dia senang kegirangan, namun tiba-tiba saja langsung berubah marah, emosi tak tertahankan.

Pada penderita penyakit bipolar disorder ini akan mengalami dua fase yaitu fase turun dan fase naik. Pada fase turun, penderita akan mengalami periode depresi, sedih, lesu, dan tak bergairah. Sedangkan pada fase naik/mania, berbalik 180 derajat menjadi bersemangat, energik, suka marah dan banyak bicara.

Perubahan dua fase inilah yang sebenarnya menakutkan bagi penderita penyakit bipolar. Bayangkan saja bila penderita mengalami perubahan dua fase ini secara bergantian dan dalam waktu singkat. Bisa dipastikan bahwa kewarasannya lambat laun akan hilang dan bahkan sampai bisa berkeinginan untuk membunuh dirinya sendiri.

Tanda dan Gejala Bipolar Disoder

Seperti yang sudah diterangkan diatas bahwa ada dua fase dalam penyakit bipolar disorder, ini juga berlaku untuk tanda dan gejala bipolar disorder. Dimana terdapat dua tanda gejala pada masing-masing fase. Berikut ini adalah tanda dan gejala penyakit bipolar disorder, yaitu.

Tanda dan Gejala Bipolar Disorder Fase Depresi

  • Suasana hati yang murung dan perasaan sedih yang berkepanjangan
  • Sering menangis atau ingin menangis tanpa alasan yang jelas
  • Kehilangan minat untuk melakukan sesuatu
  • Tidak mampu merasakan kegembiraan
  • Mudah letih, tak bergairah, tak bertenaga
  • Sulit konsentrasi
  • Merasa tak berguna dan putus asa
  • Merasa bersalah dan berdosa
  • Rendah diri dan kurang percaya diri
  • Beranggapan masa depan suram dan pesimistis
  • Berpikir untuk bunuh diri
  • Hilang nafsu makan atau makan berlebihan
  • Penurunan berat badan atau penambahan berat badan

Tanda dan Gejala Bipolar Disorder Fase Mania

  • Gembira berlebihan
  • Mudah tersinggung sehingga mudah marah
  • Merasa dirinya sangat penting
  • Merasa memiliki kemampuan lebih dibanding orang lain
  • Penuh ide dan semangat baru
  • Cepat berpindah dari satu ide ke ide lainnya
  • Seperti mendengar suara yang orang lain tak dapat mendengar
  • Nafsu seksual meningkat
  • Menyusun rencana yang tidak masuk akal
  • Sangat aktif dan bergerak sangat cepat
  • Berbicara sangat cepat sehingga sukar dimengerti apa yang dibicarakan
  • Membuat keputusan aneh dan tiba-tiba, namun cenderung membahayakan
  • Merasa sangat mengenal orang lain
  • Mudah melempar kritik terhadap orang lain
  • Sukar menahan diri dalam perilaku sehari-hari

Demikianlah tanda dan gejala penyakit bipolar disorder, terkadang ada juga penderita yang mengalami dua gejala dua fase tersebut secara bersamaan. Hal ini biasa dibilang dengan fase campuran. Jika Anda merasa mengalami penyakit bipolar da nada juga gejalanya, kami sarankan untuk segera lakukan pengobatan mengatasi penyakit bipolar disorder.

Penyebab Bipolar Disorder

Penyebab bipolar disorder secara pasti masih belum bisa dipastikan oleh para ahli. Meskipun begitu para ahli meyakini beberapa faktor penyebab penyakit bipolar, diantaranya adalah.

Faktor Gangguan Otak, Adanya gangguan pada produksi atau keseimbangan zat-zat pengantar sinyal antar saraf di dalam otak, sehingga kinerja saraf yang bertugas mengatur suasana hati menjadi terganggu.

Faktor genetika atau keturunan, mengingat sebagian besar kasus gangguan bipolar dialami oleh mereka yang juga memiliki saudara atau orang tua dengan kondisi yang sama.

Faktor stres. Banyak kasus gangguan bipolar yang terjadi pada penderita yang sering mengalami tekanan dalam hidupnya, bekas trauma yang mereka alami dari stres akan terus membekas hingga membentuk kepribadian bipolar disorder.

Faktor gaya hidup negatif diduga turut memiliki dampak terbentuknya gangguan bipolar dalam diri seseorang, seperti misalnya kecanduan alkohol dan penyalahgunaan obat-obatan.

Cara Mengobati Bipolar Disorder

cara mengobati bipolar disorder, terapi bipolar disorderMeskipun sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan bipolar ini, namun dengan perawatan yang tepat gangguan ini bisa diatasi dan disembuhkan

Inilah harapan baru bagi penderita bipolar disorder. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, telah ada sebuah terapi yang bisa membantu mengatasi gangguan psikis bipolar disorder ini. Terapi itu adalah Terapi Otak Bipolar Disorder Treatment.

Terapi Otak Bipolar Disorder Treatment merupakan sebuah terapi yang kami rancang khusus untuk mengatasi dan membantu menyembuhkan gangguan bipolar yang Anda derita, mengatasi masalah gangguan perasaan yang tidak stabil (bipolar disorder) maupun depresi yang berlarut-larut (manic depression). Terapi ini kami rancang berdasarkan penelitian yang telah kami lakukan selama bertahun-tahun dengan mengkaji berbagai referensi para ahli di bidang pemrograman pikiran.

Terapi Otak Bipolar Disorder akan memberikan stimulus pada gelombang otak Anda, menyeimbangkan kondisi otak serta mengurangi ketidakseimbangan kimia dalam otak sehingga membuat Anda merasa jauh lebih tenang serta mampu menguasai emosi dan perasaan Anda.

Bila Anda mengalami gangguan bipolar disorder dan ingin segera sembuh, segera gunakan Terapi Otak Bipolar Disorder Treatment. Jangan biarkan penyakit bipolar semakin menggerogoti diri Anda, segera gunakan Terapi Otak Bipolar Disorder Treatment sebelum terlambat.

Baca juga :

ADHD Dewasa - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Fetisisme Seksual - Tingkatan, Penyebab, dan Pengobatan

Kepribadian Anti Sosial : Penyebab, Ciri, dan Pengobatan

Obsessive Compulsive Disorder (OCD) : Penyebab, Ciri, dan Pengobatan

Penyakit Skizofrenia – Penyebab, Tanda, dan Pengobatan

Tagged in : ciri ciri penyakit bipolar, penyebab bipolar disorder, obat bipolar disordser, bipolar artinya, penyakit bipolar marshanda, penyebab penyakit bipolar, cara mengatasi penyakit bipolar, tanda penyakit bipolar, ciri ciri penderita bipolar disorder, arti penyakit bipolar, ciri ciri penyakit bipolar disorder, gejala dari penyakit bipolar, penyakit bipolar disorder marshanda, terapi bipolar disorder, penyakit bipolar disorder dan schizophrenia