blog stats

Sindrom Asperger - Penyebab, Tanda, dan Pengobatan

asperger syndrome adalah, sindrom asperger pdf, sindrom asperger test, sindrom asperger dewasa, ciri-ciri penderita sindrom asperger, ciri ciri sindrom asperger, ciri-ciri asperger syndrome, penyebab sindrom asperger, autis asperger, ciri ciri anak asperger, asperger pada anak, mengatasi sindrom asperger, ciri-ciri anak sindrom asperger, ciri-ciri anak autis asperger, cara menangani anak sindrom asperger, sindrom asperger pada orang dewasa, faktor penyebab sindrom asperger, tes sindrom asperger, penanganan anak asperger

syndrome asperger,- Apa itu sindrom asperger? Mungkin sebagian dari Anda masih merasa asing saat mendengar kata tersebut, pengertian sindrom asperger adalah salah satu bentuk dari gejala autisme yang menyebabkan penderitanya mengalami kesusahan dalam melakukan komunikasi dan interaksi sosial, hal tersebut menyebabkan penderitanya kurang begitu diterima di lingkungan sekitar. Meskipun penderita sindrom asperger memiliki kekurangan dalam kemampuan sosialisasi, terkadang ditemukan kelebihan pada penderit, yaitu memiliki IQ diatas rata-rata.

Pada kesempatan kali ini, kami dari tim terapipsikologi.com akan membahas secara lebih mendalam dan lengkap tentang sindrom asperger ini. Mulai dari pengertian, penyebab, tanda dan gejala, serta pengobatan. Simak saja ulasannya berikut ini.

Pengertian Sindrom Asperger

Sindrom Asperger (Asperger Syndrome) ditemukan pertama kali pada tahun 1944 oleh seorang ahli medis dari Austria, Hasn Asperger. Untuk menghormati penemuan tersebut itulah nama Asperger dijadikan sebagai nama syndrome tersebut.  Sindrom asperger ini merupakan salah satu bagian dari autisme gangguan spektrum (ASD), yaitu dimana sebuah gangguan dengan gejala dan ciri yang serupa. Beberapa contoh gangguan spektrum autisme lainnya adalah gangguan disintegratif anak, gangguan perkembangan pervasif, dan gangguan autis.

Meskipun bisa dibilang sindrom asperger ini terjadi pada anak usia dini, masih banyak penderita yang lolos dari diagnosis, bahkan kebanyakan penderita terdiagnosis pada saat memasuki masa sekolah. Hal ini tidak terlepas dari masih barunya penilitian tenang sindrom asperger ini yang menyebabkan banyak data dan informasi yang masih kurang tentang autisme ringan ini.

Penyebab Sindrom Asperger

Sebab pasti dari sindrom asperger hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa penyebab sindrom asperger adalah rusaknya fungsi otak dan keturunan, simak saja beberapa penyebab sindrom asperger menurut para ahli berikut ini.

  • Mengalami gangguan pada kehamilan yang menyebabkan perkemabangan otak janin tidak sempurna
  • Mengalami masalah saat kelahiran yang membuat otak cidera
  • Genetik, para ahli menemukan bahwa dalam tubuh penderita terdapat gen khusus yang berperan pada penyakit tersebut. Hal inilah yang menjadi sebab kuat bahwa keturunan sindrom asperger memiliki risiko lebih besar terkenan sindrom ini.

Tanda dan Gejala Sindrom Asperger

Tanda dan gejala dari sindrom asperger sudah dapat terlihat sejak usia dini yaitu sejak usia anak sudah menginjak 18 bulan. Akan tetapi tanda dan cirinya masih terlalu sulit untuk dilihat, hal inilah yang menyebabkan susahnya mendiagnosis sindrom asperger pada anak usia dini. Keabsahan ini baru bisa Anda dapatkan ketika anak sudah menginjak usia 3 tahun keatas dimana perilakunya sudah mulai terlihat. Dibawah ini adalah tanda dan gejala yang umum dari sindrom asperger tersebut.

  • Kesulitan berbicara, seperti kurangnya ritme, nada suara aneh, dan nada yang datar
  • Berbicara menggunakan bahasa formal, Bahasa yang terlalu tinggi untuk usia mereka
  • Kurang berempati
  • Perkembangan motorik yang lambat
  • Sensitivitasnya tergolong tinggi
  • Tidak dapat mengatur suara terhadap lingkungannya
  • Terpaku pada ketertarikan tertentu
  • Tidak dapat bersosialisasi atau bercakap-cakap, selain pada ketertarikan mereka
  • Kecemasan dan depresi
  • Bicara yang berulang-ulang
  • Sebagian besar akan berbicara tentang diri mereka sendiri, bukan orang lain
  • Bertingkah dan berperilaku aneh
  • Sulit untuk bertatap mata
  • Tidak dapat memahami isu-isu sosial dan emosional
  • Memiliki ritual yang tidak biasa
  • Memiliki kecenderungan untuk menjadi sangat terampil dan berbakat di bidang tertentu seperti seni

Perlu diingat bahwa tanda dan gejala diatas merupakan yang paling umum sehingga masih belum bisa dijadikan patokan. Anda perlu melakukan konsultasi lagi ke dokter agar lebih faktual diagnosis tersebut.

Pengobatan Sindrom Asperger

Dalam dunia medis, sampai saat ini belum ditemukan obat yang bisa digunakan untuk mengobati syndrome asperger ini. Namun syndrome asperger tetap bisa diobati dengan terapi. Terapi yang selama ini dilakukan dijalankan oleh seorang psikolog, konselor, dan ahli patologi. Terapi ini merupakan cara yang sangat tepat untuk membangun keterampilan sosial dan kemampuan untuk membaca isyarat verbal dan non verbal yang sering kurang pada anak penderita syndrome asperger. Terapi yang dimaksud adalah Terapi Binaural Beats Asperger Syndrome Therapy.

Terapi Binaural Beats - Asperger Syndrome Therapy merupakan sebuah terapi yang dirancang khusus oleh para ahli untuk membantu mengatasi syndrome asperger pada anak, meningkatkan kemampuan anak untuk bersosialisasi, serta memudahkan anak dalam bersosialisasi dan berteman. Terapi ini telah melewati proses penelitian ahli selama bertahun-tahun dan terbukti efektif dalam membantu anak yang dengan syndrome asperger dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi mereka.

Terapi Binaural Beats - Asperger Syndrome Therapy bekerja dengan menggunakan media brainwave yang dipadukan dengan visualisasi diri. Stimulus positif dari media brainwave dari terapi ini akan meningkatkan keterampilan sosial dan kemampuan membaca isyarat verbal dan non verbal pada anak penderita syndrome. Selain itu visualisasi diri yang dilakukan saat menggunakan terapi ini juga akan menanamkan kebiasaan bersosialisasi pada pikiran bawah sadar anak asperger. Saat kebiasaan bersosialisasi telah tertanam dalam pikiran bawah sadar sang anak, secara otomatis anak akan memiliki kebiasaan untuk bersosialisasi dan berteman. Jadi tunggu apalagi segera pesan Terapi Binaural Beats Asperger Syndrome Therapy - Mengobati Sindrom Asperger Secara Alami.

Baca Juga :

Cara Mendidik Anak Nakal, Bandel, dan Susah Diatur

Dampak Buruk Pedhofilia Terhadap Anak

Penyakit Pedopilia - Penyebab, Gejala, dan Penyembuhan

Waspadai Pedhofilia Disekitar Anda

Waspadai Trauma Pada Anak Akibat Salah Pola Asuh

Tagged in : asperger syndrome adalah, sindrom asperger pdf, sindrom asperger test, sindrom asperger dewasa, ciri-ciri penderita sindrom asperger, ciri ciri sindrom asperger, ciri-ciri asperger syndrome, penyebab sindrom asperger, autis asperger, ciri ciri anak asperger, asperger pada anak, mengatasi sindrom asperger, ciri-ciri anak sindrom asperger, ciri-ciri anak autis asperger, cara menangani anak sindrom asperger, sindrom asperger pada orang dewasa, faktor penyebab sindrom asperger, tes sindrom asperger, penanganan anak asperger